alt/text gambar
alt/text gambar

Rabu, 27 Agustus 2014

Tarian Campak Bunga SuMut



Tari Campak Bunga adalah salah satu tarian dasar dalam kesenian Melayu yang berkembang di daerah Sumatra Utara. Tarian ini merupakan cermin kearifan masyarakat Melayu untuk menyikapi pasangan muda-mudi yang sedang jatuh cinta sebagaimana yang tergambar dalam Tari Lenggok Mak Inang. 

Tari Campak Bunga merupakan tarian yang menggambarkan ejekan, sindiran, atau pun kelakar masyarakat dalam mempergunjingkan tingkah laku anak-anak muda yang sedang dilanda asmara. Tarian ini berhubungan dengan Tari Lenggok Mak Inang, sebuah tarian yang menggambarkan kisah cinta sepasang kekasih sejak mereka bertemu hingga ke pelaminan. Hubungan tema antara Tari Campak Bunga dengan Tari Lenggok Mak Inang membuat kedua tarian ini mempunyai bentuk gerak dan pola edar yang serupa. Hanya saja, pada saat lagu pengiring sampai pada refrein, gerakan Tari Campak Bunga merupakan kebalikan dari gerakan pada Tari Lenggok Mak Inang.


Menurut buku Teknik Pembelajaran Dasar Tari Melayu Tradisional (2009:39), pada dasarnya Tari Campak Bunga Merupakan pengembangan dan modifikasi dari Tari Lenggok Mak Inang dengan menyesuaikan lagu pengiringnya. Dari pengembangan tarian ini terlihat bahwa kreativitas yang dimiliki masyarakat Melayu bukan hanya pada proses mencipta unsur kebudayaan, namun masyarakat Melayu juga mempunyai kemampuan untuk mengembangkan satu unsur budaya menjadi sesuatu yang baru sehingga menjadi lebih menarik. Tari Campak Bunga memperlihatkan sejauh mana nalar penari menarikan tarian yang mirip dengan Tari Lenggok Mak Inang, namun dengan hitungan dan pola edar yang berbeda.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2013. R.Utama Berkarya - All Rights Reserved
Distributed By Blogger Themes | Template Created by BTDesigner Published by Super Cool Templates
Proudly powered by Blogger